Rekomendasi Jenis Genteng Ringan Terbaik Untuk Hunian Anda

Apakah Anda sedang bingung menentukan genteng ringan terbaik untuk hunian minimalis? Genteng menjadi salah satu komponen material yang penting dalam proyek pembangunan hunian. 

Penting sekali memperhatikan jenis dan kualitas genteng yang aman melindungi Anda dari hujan dan panas. Ada rekomendasi jenis genteng yang mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Genteng Tanah Liat

Jenis genteng yang satu ini memang yang paling banyak digunakan oleh sebagian masyarakat di tanah air. Pembuatan genteng tanah liat sama seperti pembuatan bata bata. Tanah liat yang sudah dipadatkan dan dicetak kemudian dibakar lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. 

Cara pembuatannya memang masih terbilang manual dengan proses pengeringan mengandalkan sinar matahari. Tidak heran jika terdapat perbedaan warna pada setiap gentengnya. Karena prosesnya yang sederhana itulah yang membuat harganya relatif terjangkau. 

Bagi Anda yang mungkin memiliki dana terbatas, mungkin bisa menggunakan jenis genteng tanah liat. Meskipun harganya cukup terjangkau namun genteng tanah liat termasuk salah satu jenis genteng awet tahan lama. Apalagi Anda tidak akan menemukan kesulitan saat mencari penjual genteng tanah liat.

Meski dibanderol dengan harga yang terjangkau dan awet tahan lama, genteng tanah liat mudah berlumut. Karena sering terpapar sinar matahari dan hujan menyebabkan genteng lebih rentan terkena lumut.

Genteng Metal

Jika Anda ingin mencari jenis genteng lain yang cocok digunakan di rumah minimalis adalah genteng metal. Menjadi salah satu genteng ringan terbaik yang pembuatannya dengan cara di press menyesuaikan bentuk gentengnya. Genteng metal dijual dalam bentuk lembaran yang cukup luas sehingga sangat tepat untuk menghemat budget kebutuhan atap.

Tidak perlu khawatir terjadi bocor karena genteng metal sudah dilapis menggunakan bahan anti bocor. Proses pemasangannya pun mudah mengingat genteng yang satu ini memiliki bobot yang cukup ringan. Pastikan proses pemasangan dilakukan dengan benar agar memberikan tampilan atap yang rapi dan indah.

Sayangnya, genteng metal akan menimbulkan suara berisik saat turun hujan. Selain itu genteng metal juga menyerap panas sehingga dapat membuat suasana dalam hunian terasa panas

Genteng Keramik

Ingin menghadirkan kesan hunian yang mewah? Genteng keramik bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok. 

Bentuk genteng keramik tidak jauh berbeda dengan genteng pada umumnya yang bergelombang. Hanya saja material pembuatan genteng keramik berupa campuran dari bahan tanah liat dan keramik. Efek kilauan dari genteng keramik merupakan hasil dari campuran glazur pada genteng.

Meski terbuat dari campuran tanah liat dan keramik, hawa di dalam rumah akan tetap terasa sejuk. Tentu saja hal ini bisa terjadi berkat kemampuan genteng menahan panas matahari. Pastikan Anda sudah menyiapkan cukup budget apabila Anda ingin menggunakan genteng ringan terbaik ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top