Berikut Ini Cara Memilih Produk-Produk Baja Distributor Baja Ringan

Baja ringan sudah menjadi material andalan dalam dunia konstruksi. Baja ringan memiliki kekuatan yang mumpuni namun dengan bobot yang ringan. Bagi anda yang ingin menggunakan baja ringan sebagai material konstruksi bangunan, berikut ini tips memilih baja di distributor baja ringan.

Tips memilih baja ringan

Memilih baja ringan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus mempertimbangkan berbagai hal di bawah ini untuk mendapatkan baja ringan kualitas terbaik. Apa saja hal tersebut?

  1. Desain bangunan

Desain memainkan peran penting dalam pembelian baja ringan. Dengan desain yang jelas, anda bisa mempersingkat pemilihan bahan, jenis, dan ukuran rangka yang tepat. Pilihlah baja ringan yang berstandar SNI.

Untuk memberikan kekuatan topangan yang kuat, buat jarak rangka lebih rapat. Umumnya berjarak 150 cm.

  1. Memilih model pre-fabrikasi

Model pre-fabrikasi adalah model yang sering digunakan pada bangunan konvensional. Model ini dinilai bisa menghemat waktu pemasangan sebab baja ringan sudah dipotong oleh pabrik.

Hasil konstruksi model pre-fabrikasi memiliki bentuk yang lebih akurat, presisi, dan rapi. Sehingga proses pemasangan baja ringan tidak membutuhkan banyak waktu.

  1. Menghitung batang penyangga

Batang penyangga harus berada dalam jumlah yang tepat. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya risiko kelengkungan baja atau roboh karena pemasangan yang tidak sesuai.

Kebutuhan penyangga baja ringan harus dihitung dengan tepat dan akurat. Anda bisa berkonsultasi dengan distributor baja ringan untuk mendapatkan hasil bangunan yang kuat dan kokoh.

  1. Mempertimbangkan kualitas

Kualitas baja ringan harus sesuai dengan Sni. Sebab, baja ringan yang tidak sesuai standar berpotensi terjadi kerusakan. Cara mengetahui kualitas baja ringan adalah melalui daya tarikan.

Baja yang memiliki daya tarikan 550 Mpa adalah baja ringan yang baik. Semakin besar nilainya maka semakin kuat baja tersebut. Atau anda bisa mengecek nilai SAE grade. Baja ringan berkualitas umumnya memiliki nilai 980 SAE grade.

  1. Garansi

Sebagai pembeli anda berhak mendapatkan garansi pembelian. Sebaiknya anda memilih baja ringan yang didukung dengan garansi. Garansi tersebut bisa mencakup instalasi tukang sampai pengujian bahan.

Pastikan juga baja ringan yang anda beli memiliki nilai standar yang sesuai dengan lampiran dokumen keterangan dan spesifikasi produk. Hal tersebut berguna untuk menjaga kualitas baja ringan yang anda beli.

Memilih baja ringan bukan pekerjaan sepele. Sebab, baja ringan memiliki peran besar dalam konstruksi bangunan. Ada berbagai macam merk baja ringan yang memiliki kualitas terbaik di pasaran.

Baja ringan yang berkualitas akan memberikan anda rangka bangunan yang kokoh dan kuat. Konsultasikan dengan distributor baja ringan untuk mendapatkan baja ringan yang paling cocok dengan kebutuhan bangunan anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top