7 Tips Memilih Mesin Penghisap Debu yang Bagus!

Jangan asal membeli mesin penghisap debu, jika tidak ingin kecewa dengan kinerjanya ! Yang artinya sebelum Anda membeli mesin penyedot debu atau Vacuum Cleaner, ada beberapa hal penting yang harus benar benar Anda perhatikan, antara lain :

1. Kinerja mesin

Yang pertama, cek dan cari tahu performa serta kemampuan mesin dalam membersihkan kotoran. Yang paling penting untuk Anda perhatikan, yaitu sistem pengisapan dan juga aliran udaranya.

Tentunya Anda membutuhkan mesin dengan daya hisap yang kuat, namun daya motor dalam satuan watt dan ampere, ternyata tidak dapat dijadikan sebagai sebuah patokan utama. Motor dengan 10 amp, ternyata mampu menghasilkan daya hisap yang lebih besar, ketimbang, motor 12 amp, ketika dirancang bekerja secara lebih efisien.

2. Sistem filtrasi

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan, ketika membeli mesin penghisap debu yaitu sistem filtrasi atau kemampuan untuk menahan berbagai partikel halus yang berhasil dihisap, agar tidak ikut keluar lagi, melalui saluran udara yang ada di mesin penyedot debu, ke dalam ruangan kembali.

Sebagian besar penyedot debu yang berkualitas, pastinya mampu menyaring udara yang keluar dari mesin. Jadi ketika ada orang di dalam rumah Anda, menderita alergi, asma atau kondisi kesehatan lain yang dipengaruhi oleh alergen di udara dalam ruangan. Maka penyedot debu dengan filtrasi ini penting untuk diperhatikan.

3. Kualitas dan daya tahan

Cek juga bagaimana kualitas dari mesin penyedot debu itu sendiri. Jangan sampai Anda membeli mesin penyedot debu, dan dalam jangka waktu 2 hingga 3 tahun saja, mesin tersebut sudah rusak. Kali ini periksa kualitas bahan dan juga desain mesin tersebut. Pastika bahan yang digunakan kuat dan tidak mudah rapuh, ketika sering digunakan.

4. Cara penggunaan

Cek juga bagaimana cara menggunakan alat penyedot debu tersebut. Apakah cara menggunakannya mudah ? Apakah gagangnya nyaman digunakan ? Apakah alat tersebut berat ketika dibawa ? Serta yang lainnya.

Informasi tersebut, nantinya perlu Anda perhatikan, dan sesuaikan dengan kebutuhan Vacuum Cleaner dan budget yang dimiliki.

5. Tingkat kebisingan

Belakangan ini, ada beberapa mesin penyedot debu, yang mengeluarkan suara bising ketika digunakan. Namun ada juga yang tingkat kebisingannya cukup rendah. Hingga memungkinkan Anda untuk mendengar telefon, atau juga suara lainnya, walaupun mesin penyedot debu sedang digunakan.

6. Kapasitas

Adapun kapasitas penyedot debu ini, berhubungan erat dengan ukuran kantong atau wadah debu yang digunakan. Tentunya semakin besar ukuran kantong, maka semakin besar pula daya tampung debunya, dan membuat Anda jarang membuang kotoran di dalamnya.

Sama seperti sebelumnya, sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda hendak membersihkan ruangan yang berukuran besar, sebaiknya beli Vacuum Cleaner yang juga berukuran besar, demikian pula sebaliknya.

7. Penyimpanan

Cari tahu juga bagaimana cara menyimpan Vacuum Cleaner tersebut. Jika alat dapat dibongkar pasang, sudah tentu alat jadi mudah disimpan di lokasi tertentu. Anda yang mempunyai lahan atau rumah dengan ukuran terbatas, harus memperhatikan hal tersebut.

Demikianlah beberapa poin penting, yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan, ketika akan membeli mesin penghisap debu secara tepat, dan sesuai kebutuhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top