Ketahui Kekurangan Menggunakan Atap Polikarbonat Gelombang

Atap polikarbonat gelombang merupakan salah satu material atap yang cukup unik. Bahan atap ini menggunakan material polimer. Selain karena bahan dasarnya yang unik, atap ini juga memiliki ciri khas yang lain daripada jenis atap yang digunakan pada umumnya.

Walaupun menggunakan atap polikarbonat gelombang ini memiliki banyak sekali kelebihan, namun yang namanya produk buatan manusia pasti ada juga kekurangannya. Berikut beberapa informasi kekurangan dari penggunaan atap polikarbonat untuk anda.

Harganya Cenderung Mahal

Dibandingkan dengan atap yang menggunakan bahan lain seperti plastik, atap polikarbonat ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal perlembarnya. Biasanya, orang – orang akan melihat kecenderungan harga yang sedikit mahal ini sebagai kekurangan produk.

Namun, dengan ketahanan, kekuatan serta kualitas yang baik tentu anda bisa mempertimbangkannya. Sedikit memberikan harga yang mahal untuk kualitas yang baik tidak ada salahnya.

Tidak Tahan Pada Goresan

Umumnya, atap polikarbonat tidak tahan terhadap goresan. Selain itu juga karena kecenderungan ini, jika tidak dilakukan perawatan yang berkala akan membuat atap gampang penyok. Jika anda tidak sering mengeceknya, tentu cukup merepotkan nantinya.

Selain itu juga rentan terhadap benturan hujan es. Walaupun tidak sering, namun benturan ini juga bisa membuat atap polikarbonat bergelombang mudah rusak dan bahkan bocor.

Berisik Saat Hujan

Walaupun tidak menimbulkan suara berisik seberisik atap berbahan dasar logam, namun tentu saja atap polikarbonat ini akan menghasilkan suara yang cukup mengganggu saat hujan turun dibandingkan dengan menggunakan atap jenis genteng yang berbahan dasar tanah liat yang memiliki keredaman suara yang sangat baik.

Jika Terjadi Kebocoran Sulit Diperbaiki

Umumnya, membeli atap polikarbonat gelombang ini perlembar dengan ukuran panjang tertentu. Memang memiliki kemudahan saat pemasangan, namun juga memiliki kekurangan jika terjadi kebocoran.

Pada dasarnya, atap polikarbonat memang tidak mudah bocor. Namun, jika sekali saja terjadi kebocoran maka sulit untuk memperbaiki lubangnya. Tentu saja jika jika ingin memperbaikinya anda bisa dengan menggantinya sekaligus.

Tidak Tahan Pada Cairan Berbahan Kimia

Seringnya kita membersihkan rumah dengan menggunakan cairan berbahan kimia untuk memudahkan membersihkan noda. Namun, atap polikarbonat ini cukup sensitif pada bahan – bahan yang bersifat abrasive.

Oleh karena itu, jika anda menggunakan atap polikarbonat untuk bangunan rumah anda, akan lebih baiknya anda berhati – hati ketika penggunaannya karena dikhawatirkan akan dapat merusak atap polikarbonatnya.

Transparansi

Walaupun memang menjadi salah satu keuntungan karena transparansi dan kemampuannya untuk mentransmisikan cahaya matahari dengan sangat baik, namun dalam beberapa kasus ini juga cukup mengganggu.

Mengapa demikian? Karena terlalu banyak cahaya yang masuk juga dapat menyilaukan mata. Namun untuk hal ini tentu bisa disesuaikan penggunaannya. Bisa digunakan di ruangan tertentu dengan ukuran tertentu untuk memastikan cahaya dapat masuk atau diletakkan di teras rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top