4 Tips Kurangi Kebisingan Genset Open Untuk Usaha Anda

Banyak pemilik usaha saat ini memiliki genset open yang tergolong terjangkau. Cara perawatan genset pun terbilang mudah. Alat ini memang membantu saat ada giliran mati lampu dari PLN. Jadi, walaupun listrik pusat mati, usaha Anda tetap berjalan. Sayangnya, suara dari genset jenis ini dapat mengganggu. Sebagai solusi, gunakan saja 4 tips mudah berikut ini:

Memasang Genset Open di Tempat yang Sesuai

Satu tips yang paling penting untuk meredam suara genset adalah meletakannya di tempat yang tertutup. Pastikan tempat tertutup ini jauh dari pusat usaha Anda. Contoh memiliki restoran, pastikan genset berada jauh dari tempat pelayanan makanan. Misal di basement ataupun di area penyimpanan bahan makanan.

Selama terletak jauh dari tempat operasi usaha utama, suara genset yang bising tidak akan mengganggu. Jadi, Anda tetap dapat optimal menjaga kenyamanan pembeli dan tetap mendapatkan suplai listrik dari genset.

Menggunakan Peredam Suara Eksternal

Peredam suara eksternal dapat digunakan untuk membantu mengurangi suara genset. Jika menaruh genset di ruangan tertentu, Anda dapat memasang banyak bahan peredam di dinding sekitar genset. Pilihan peredam dapat bermacam – macam, mulai dari busa, styrofoam dan insulator dapat membantu.

Pemasangan tidak harus dekat dengan posisi genset open. Selama ruangan tertutup dan tidak terlalu besar ukurannya, penggunaan peredam eksternal ini akan efektif.

Bayangkan Anda punya usaha minimarket dan genset ditaruh pada gudang peralatan, pasang banyak peredam di gudang tersebut. Dari toko pasti suara tidak akan mengganggu pembeli karena lebih teredam di ruang lain suaranya.

Memasang Bantalan Untuk Kurangi Getaran Parts

Saat bekerja menghasilkan listrik, banyak parts yang akan bergetar. Getaran ini menjadi sumber suara yang tidak nyaman. Untuk mengurangi efek suara getaran yang mengganggu, pemasangan bantalan dapat membantu.

Bantalan biasanya terbuat dari bahan karet yang dapat meredam sebagian getaran dan menjaga parts tetap di tempat. Bahannya sudah di desain agar awet walaupun dipasang pada parts yang memanas. Cara perawatan genset jika termasuk memastikan parts yang banyak menghasilkan getaran menggunakan model bantalan genset yang sesuai.

Memastikan Kondisi Pembakaran Genset Efisien

Genset menghasilkan tenaga lewat pembakaran bahan bakar. Jika ada masalah dalam pembakaran tersebut, getaran yang dihasilkan makin tinggi frekuensinya. Pembakaran umumnya menghasilkan residu yang dapat menumpuk dan mempengaruhi efisiensi operasi mesin.

Jika tidak rutin dibersihkan, residu dapat mendorong mesin menjadi lebih berisik. Untuk menghindarinya, pastikan bersihkan bagian pembakaran genset, minimal 1 kali tiap 3 bulan. Jika merasa kesulitan melakukannya sendiri, banyak layanan tersedia sebagai cara perawatan genset rutin ini. Jasa profesional cukup mudah digunakan dan tidak perlu keluar tenaga banyak.

Semoga tips di atas membantu Anda menggunakan genset open lebih nyaman. Terutama jika usaha Anda tergolong tempat makan, café ataupun tempat yang membutuhkan suasana nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top