5 Manfaat Pasang Gigi Palsu Permanen

Pada umumnya, orang yang membutuhkan gigi palsu biasanya berusia 60 tahun ke atas, karena pada usia ini, gigi mulai tanggal. Namun, gigi palsu juga bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan, terutama mereka yang memiliki gigi tanggal, termasuk anak-anak. Terdapat beberapa manfaat pemasangan gigi tiruan.

  1. Mengembalikan fungsi mengunyah

Misalnya saja jika gigi geraham Anda ompong, Anda akan kesulitan mengunyah makanan. Oleh karena itu, biasanya agar tetap bisa menikmati makanan, banyak orang menggunakan gigi  depan. Padahal gigi depannya digunakan untuk menggigit, bukan mengunyah. Namun, jika gigi yang ompong tersebut segera diganti dengan gigi palsu, fungsi mengunyah akan tetap terjaga.

  1. Memperbaiki Penampilan Gigi

Dilihat dari sudut pandang keindahan atau estetika, siapa yang mau senyumnya tidak sempurna karena adanya gigi yang hilang atau ompong? Tentu, Anda pasti akan merasa kurang percaya diri. Alasan utama memasang gigi palsu adalah untuk memperbaiki penampilan.

  1. Gigi Tidak Bergeser ke Ruang Kosong

Jika masih ada ruang sisa akibat gigi yang ompong,  maka gigi asli lainnya akan berpindah ke ruang kosong tersebut. Jika dibiarkan terlalu lama, gigi Anda bisa goyang. Oleh karena itu penting untuk melakukan pemasangan gigi tiruan.

  1. Kesehatan Mulut Lebih Terjaga

Pemasangan gigi tiruan dinilai lebih mampu menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Manfaat ini, karena penempatannya tidak memerlukan pengurangan gigi yang didekatnya. Selain itu, posisinya gigi palsu tidak menghalangi akses antar gigi, sehingga memudahkan Anda menjaga kebersihan setiap gigi.

  1. Daya tahan lama

Apabila Anda menggunakan Gigi palsu atau gigi tiruan permanen, maka bisa bertahan lebih lama dibandingkan gigi palsu sementara. Jika dirawat dengan baik, implan gigi bisa bertahan seumur hidup.

  1. Mencegah Gangguan saat berbicara

Gigi palsu yang tidak ditanam, memiliki lebih besar kemungkinan untuk bergerak atau rontok. Saat Anda berbicara, suaranya tidak akan terdengar  jelas. Dalam hal ini, implan gigi memungkinkan seseorang berbicara dengan lancar tanpa khawatir gigi akan tanggal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top