Mengenal Beberapa Fungsi Mesin Gelato, Berdasarkan Kegunaannya

Mengenal masing masing fungsi dari mesin gelato, tentunya penting untuk Anda. Karena dengan mengetahui fungsi dari masing masing bagian mesin, membuat Anda mampu menggunakan mesin tersebut secara baik, dan optimal.  

  1. Pasteurizing Machine

Ini merupakan salah satu mesin yang wajib dimiliki oleh Anda yang ingin membuka bisnis gelato. Fungsinya tidak lain untuk memberikan kualitas produk gelato yang aman dan higienis. Lataran mesin yang satu ini akan membantu menghilangkan kandungan bakteri yang ada di dalam proses pembuatan gelato secara optimal.

Mesin ini juga akan membantu Anda, dalam mengaduk bahan dasar cair gelato secara merata, dengan suhu 80 derajat Celcius selama minimal 25 detik.  

  1. Batch Freezer

Ini adalah mesin gelato, yang berfungsi untuk memproses adonan gelato, dari yang awalnya cair, menjadi padat. Selain itu, mesin ini juga akan mencampurkan serta membekukan adonan gelato, dengan cara memasukkan udara ke dalam adonan tersebut, hingga adonan jadi homogen dan lembut.

  1. Blast Chillers

Proses pembekuan berikutnya, akan dilanjut oleh mesin Blast Chillers. Mesin ini berfungsi untuk menstabilkan produk gelato. Caranya dengan membekukan sebagian air di dalam adonan secara cepat. Produk mesin Blast Chiller yang baik, mampu mencapai suhu terendah sekitar -35 derajat celcius.

  1. Refrigerator Cabinets

Ini adalah mesin pendingin yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam bahan dasar pembuatan gelato agar tetap segar, juga dapat menyimpan gelato dan juga ice cream secara optimal.

Namun demikian, mesin ini juga dapat digunakan untuk mendinginkan bahan makanan atau berbagai olahan beku lainnya.

  1. Showcase Machine  

Showcase Machine adalah lemari pendingin yang dapat digunakan untuk menyimpan produk gelato yang sudah jadi. Tujuannya agar es cream gelato tidak mudah cair. Yang menarik, karena lemari pendingin tersebut transparan, maka Anda dapat menggunakannya sebagai tempat pajangan produk gelato yang sudah jadi.

Ini akan memudahkan para pelanggan, yang ingin membeli produk gelato Anda, untuk memilih produk atau varian rasa yang ditawarkan, secara mudah dan cepat. Adapun ukuran produk mesin yang satu ini di pasaran, cukup beragam, ada yang ukuranya kecil, ada pula yang ukuranya besar.

Jadi bagi Anda yang hendak membuka usaha es cream gelato, demikianlah beberapa jenis mesin gelato, yang ada. Anda dapat membeli semua produk mesin tersebut, atau membeli beberapa diantaranya. Tentunya disesuaikan den budget dan kebutuhan bisnis gelato Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top