Mengenal Angka Pada Pipa Besi Sch 40

Saat Anda akan membeli pipa besi, Anda mungkin menemukan produk dengan nama pipa besi sch 40. Produk apakah ini? Disini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang pipa besi jenis ini dan mengapa produk ini menyandang nama sch 40.

Apa Itu Pipa Besi Sch 40?

Nama pipa besi sch 40 datang dari ukuran ketebalan dinding pipa bagian luar dan dalam. Schedule itu sendiri adalah satuan ukuran yang menggambarkan ketebalan dinding pipa terhadap diameter bagian dalam pipa. Lalu, angka 40 ini datang dari mana?

Angka 40 Pada Pipa Besi Sch 40

Angka 40 pada pipa besi sch 40 adalah nomor Sch atau Sch number. Angka ini datang dari perbandingan antara tekanan kerja bagian dalam pipa (pressure) dengan tekanan yang bisa ditahan pipa (allowable stress) dikalikan 1000. Rumus untuk mendapatkan nilai 40 ini adalah sebagai berikut:

Sch number = pressure/allowable stress x 1000

Contohnya, sebuah pipa dari bahan baja biasanya memiliki nilai allowable stress sebesar 10000 Psi. Dan, bila pipa ini akan digunakan untuk mengalirkan zat dengan tekanan 350 Psi, maka nilai Sch-nya dapat dihitung sebagai berikut:

Sch number = 350/10000 x 1000 = 35

Untuk angka Sch, tidak bisa menggunakan jumlah ganjil. Oleh karena itu, bila mendapatkan hasil 35 seperti diatas, maka akan dibulatkan ke tingkat selanjutnya, yaitu 40. Dan, dari situlah, munculnya angka 40 pada spesifikasi pipa besi sch 40.

Penggunaan Nilai Sch 40

Angka 40 ini bisanya digunakan untuk mempermudah pemilihan pipa berdasarkan ukuran tekanan zat yang akan mengalirinya. Misalnya, bila Anda ingin memasang pipa hydrant dengan tekanan air mencapai 40 bar, maka bisa menggunakan pipa besi sch 40. Jadi, tinggal pilih angka yang sama, maka peluang terjadinya masalah di masa mendatang akan menjadi lebih kecil.

Penutup

Jadi, itu dia sedikit informasi tentang pipa besi sch 40. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda saat akan membeli pipa besi jenis ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top