Pahami Dulu Cara Menyambung Genset Ke Instalasi Listrik Sebelum Membelinya di Tempat Jual Genset di Jakarta!

Sembari mencari tempat jual genset di Jakarta, Anda perlu paham dulu bagaimana cara menyambungkan alat ini ke instalasi listrik di rumah. Dengan begitu, nantinya Anda bisa menggunakan genset tersebut secara maksimal, khususnya saat listrik di rumah padam. Selain itu, Anda juga tidak perlu kebingungan mencari bantuan. Langsung sambungkan genset baru tersebut ke instalasi listri begitu barang tiba.

Menyambung Genset dengan Metode Handle Ohm Saklar Secara Manual

Sebelum menyambung genset baru milik Anda dengan metode handle ohm saklar, pastikan dulu jenis saklar di rumah Anda. Bisa jadi rumah Anda menggunakan saklar manual ataupun otomatis. Kalau saklar di rumah Anda adalah saklar manual, maka Anda masih harus memindahkan panel ke jalur PLN.

Kapanpun Anda ingin menggunakan genset tersebut, matikan MCB yang ada di meteran listrik rumah Anda. Jangan lupa memindahkan panel ke jalur genset terlebih dahulu. Setelah itu, nyalakan genset.

Listrik di rumah Anda bisa digunakan kembali selama listrik PLN padam. Saat listrik sudah menyala, matikan dulu gensetnya baru kemudian MCB yang ada di meteran listrik.

Menyambung Genset dengan Metode Handle Ohm Saklar Secara Otomatis

Jika rumah Anda menggunakan saklar otomatis, maka pastikan Anda menggunakan genset dengan starter aki. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi memindahkan panel seperti pada saklar manual. Saklar nantinya akan bekerja secara otomatis memindahkan panel ke jalur genset jika listrik padam.

Karena itu, tanyakan juga jenis starternya di tempat jual genset di Jakarta yang sudah Anda pilih. Dengan begitu, Anda tidak salah pilih dan bisa menyambung genset ke saklar otomatis di rumah.

Menyambung Genset dengan Metode Tanpa Handle

Selain menyambung genset menggunakan metode handle, Anda pun bisa menyambungnya tanpa menggunakan handle. Ada beberapa perlengkapan yang Anda butuhkan untuk proses penyambungan ini. Pastikan Anda menyiapkan kabel dengan dua steker di ujungnya.

Setelah itu, tancapkan steker stop kontak rumah dan genset. Cara menggunakan gensetnya mirip dengan penyambungan dengan metode handle ohm saklar manual. Anda harus mematikan MCB meteran listrik terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya adalah menancapkan kabel pada stop kontak rumah dan genset. Pastikan sudah menancap sempurna. Lanjutkan prosesnya dengan menghidupkan genset.

Jangan lupa memindahkan switch breaker genset ke posisi on. Genset pun akan membantu suplai listrik saat listri di rumah padam.

Pindahkan switch breaker genset ke posisi off dulu jika listrik menyala kembali. Langkah selanjutnya adalah mematikan mesin genset dan melepas kabel steker. Terakhir, hidupkan MCB listrik PLN.

Nah, ternyatan menyambungkan genset ke instalasi listrik rumah tidak begitu sulit, bukan? Anda bisa menanyakan hal ini kepada petugas atau penjual di tempat jual genset di Jakarta yang sudah Anda pilih. Selama mereka memiliki staf yang berpengalaman dan profesional, maka mereka akan membantu menjelaskannya. Kalaupun tidak, Anda bisa mempraktikkan salah satu cara di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top