Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Pasang Kawat Gigi Di Orthodontist Surabaya?

Anda butuh memasang kawat gigi? Maka yang harus dilakukan adalah mendatangi klinik ortodonti. Ada banyak orthodontist surabaya yang bisa Anda andalkan.

Setelah dipasang, lalu apa yang harus dilakukan? Berikut ini kita akan coba jelaskan tentang perawatan setelah pemasangan kawat gigi.

Perawatan Standar

Ada tiga hal yang termasuk dalam perawatan standar setelah pemasangan kawat gigi, yaitu:

  • Memilih makanan 

Pilih dan makan makanan yang lunak dan tidak merusak kawat gigi. Hindari pula makanan yang mudah menempel di sela-sela gigi dan kawat gigi. Konsultasi pada ortodontis untuk tahu lebih banyak tentang makanan ini.

  • Menggosok gigi 

Gunakan sikat gigi yang memang khusus untuk membersihkan kawat gigi. Pasta gigi pun sama. Pilih yang mengandung fluoride agar mampu mencerahkan gigi dan mencegah gigi keropos.

Gosok perlahan selama 3-5 menit. Lakukan 2-3 kali sehari, atau setelah makan.

  • Menggunakan benang gigi

Benang gigi juga dapat membantu mengambil sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi dan kawat gigi. Lakukan perlahan agar tidak merusak kawat gigi.

Pemeriksaan Rutin

Langkah ini menjadi yang terpenting setelah pemasangan gigi oleh orthodontist surabaya. Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin agar proses perbaikan gigi dapat berjalan lancar. Dan, saat kawat gigi di lepas, maka hasilnya juga memuaskan.

Pemeriksaan rutin perlu dilakukan sebanyak satu kali tiap 3-4 minggu. Pastikan menggunakan ortodontis yang sama di Surabaya. Proses ini berlangsung selama 2-3 tahun hingga hasil sempurna didapat.

Bila Anda jarang melakukan pemeriksaan rutin, maka hasil yang didapat juga tidak kunjung datang. Biasanya, 2 tahun sudah cukup untuk mendapatkan posisi gigi yang baik. Tapi, tanpa pemeriksaan rutin, waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama.

Penutup

Itu dia dua hal yang perlu dilakukan setelah Anda memasang kawat gigi di ahli ortodonti. Setelah kawat gigi dibuka, Anda juga masih perlu melakukan pemeriksaan rutin. 

Dengan demikian gigi tidak akan kembali ke posisi tidak normal. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk berkunjung ke klinik gigi dan menemui spesialis orthodontist surabaya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top