Ketahui Apa Itu Digital Printing Jakarta Beserta Sejarah Lengkapnya

Di era modern ini, masyarakat juga dituntut untuk bertindak secara digital sesuai dengan kebutuhannya. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa era digital juga mempengaruhi cara orang mencari hal-hal yang praktis. Pelajari lebih lanjut tentang digital printing Jakarta Barat. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Digital Printing?

Digital Printing Jakarta adalah teknologi pencetakan gambar digital dalam format file dan mencetaknya dengan kecepatan tinggi pada platform media. Digital printing merupakan hasil inovasi karena seiring perkembangan teknologi dan informasi di dunia. 

Biaya produksi proses ini umumnya lebih tinggi per unitnya dibandingkan dengan teknik cetak lainnya seperti cetak offset, sablon, atau sablon. Namun, proses ini tidak memerlukan biaya produksi awal yang besar. Teknologi ini digunakan untuk pencetakan skala kecil, mungkin karena proses pembuatannya yang lebih ringkas.

Sejarah Digital Printing

Bisa dibilang sejarah kemunculan printer digital sangat singkat, namun seorang bernama Johannes Gutenberg berhasil menemukan alat pencetak yang mampu mencetak buku secara massal. Printer digital pertama kali diperkenalkan ke pasar pada awal 1990-an.

Saat itu, printer digital dimaksudkan untuk menggabungkan semua gambar dengan data dan rumus matematika. Sebuah gambar terdiri dari titik-titik yang disebut piksel. Dihasilkan dari grup (proses digitalisasi). Proses kemudian mengontrol pengendapan tinta dan toner dengan menerapkan energi elektromagnetik.

Pencetakan digital menggunakan sistem manajemen warna (color management) untuk mempertahankan warna pra-cetak (digital). Pada tahun 1993 printer digital pertama diluncurkan oleh Indigo miliknya. 

Kemunculan ini berdampak pada dunia cetak, karena pengguna lebih menyukai tipografi yang ringkas, personal, dan berkualitas tinggi. Barisan mesin cetak ini keluar dari perusahaan yang didirikan pada tahun 1977 oleh Benny Landa.

Benny Landa menemukan tinta yang dirancang untuk mesin fotokopi. Pada akhirnya, printer digital mengubah dunia digital printing karena penggunaanya untuk mencetak id card, brosur, banner, dan lain sebagainya.

Sudah Tahu Apa Itu Digital Printing Beserta Sejarahnya

Demikian informasi mengenai apa itu digital printing Jakarta Barat beserta sejarahnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan saudara ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top